HASIL RACE MOTO GP QATAR 21 MARET 2011 – Pemenang Moto gp Qatar

Oleh: Pada: 25 November, 2014
Losail – Losail memang “sirkuitnya” Casey Stoner. Dominan sejak sesi free practice, Stoner akhirnya juga memenangi balapan yang berlangsung, Senin (21/3/2011) dinihari WIB, ini. Stoner kembali menjadi raja di Sirkuit Losail.

Jika menengok catatan dalam empat musim sebelumnya, hanya satu kali Stoner gagal menjadi juara di Losail, yakni pada tahun 2010, di mana ketika itu balapan dimenangi oleh Valentino Rossi.

Selebihnya, dari 2007 hingga 2009, Losail adalah milik Stoner. Dan kali ini, pembalap asal Australia itu kembali menunjukkan dominasinya kendati sempat mendapatkan pertarungan sengit dari Dani Pedrosa pada pertengahan balapan.

Start terdepan yang digenggamnya juga sempat diambil alih Pedrosa di awal balapan. Bahkan, posisinya juga sempat disalip oleh Jorge Lorenzo di awal balapan. Namun Stoner mampu memperbaik catatan waktunya sedikit demi sedikit untuk kembali memimpin.

Ketika sudah berada di depan, Stoner sukses membuat jarak yang signifikan atas Pedrosa. Ia sempat unggul hingga 1,4 detik atas sesama rekan Honda-nya itu dan membiarkannya bertarung dengan Lorenzo untuk memperebutkan posisi dua.

Balapan semakin mendekati akhir dan Stoner sudah tak tahu berada di bagian sirkuit mana. Tiga lap menjelang akhir balapan, jaraknya dengan Pedrosa sudah melebar hingga sekitar 3,5 detik.

Losail – Valentino Rossi belum juga sepenuhnya pulih dari cedera bahu yang dialaminya tahun lalu. Masalah bahu itulah yang membuatnya tak tampil maksimal dalam sesi kualifikasi MotoGP Qatar.
Dalam sesi kualifikasi di Losail, Sabtu (19/3/2011), The Doctor hanya menempat posisi kesembilan. Catatan waktu rider Ducati ini lebih lambat 1,5 detik di belakang Casey Stoner yang merebut pole position.
Rossi menyebut masalah di bahunya jadi penyebab utama kegagalannya meraih posisi start yang lebih baik.
“Saya pikir tanpa masalah bahu yang saya alami, yang menyebabkan kami kehilangan 0,5 atau 0,6 detik, kami bisa ada di baris kedua hari ini, karena kami mampu untuk mengembangkan pengesetan dengan membuat perubahan yang juga penting di masa mendatang,” ujar Rossi, seperti dilansir Autosport.
“Hari ini saya mampu mengendarai GP11 dengan lebih baik, tetapi dengan menggunakan ban lunak pada akhir sesi, kekuatan saya mulai hilang. Ketika saya berusaha membuat waktu lap terbaik, ada beberapa bagian trek di mana saya tidak bisa menggeber motor,” imbuh pembalap Italia itu.
Posisi kesembilan tak membuat Rossi gentar. Dia yakin masih bisa bersaing dengan pembalap lain, kecuali dengan Stoner dan Dani Pedrosa.
“Saya pikir selama bahu saya baik-baik saja, kami akan punya kecepatan yang relatif kompetitif, kecuali dari dua pembalap Honda itu,” tambahnya.
“Mari kita lihat bagaimana perkembangannya dari sudut pandang fisik di paruh kedua balapan, setelah 11 atau 12 lap,” pungkas Rossi.
source : detiksport.com