Cara Mengatasi Kulit Kering

Oleh: Pada: 8 Juli, 2012

Tips cara mengatasi kulit kering | merawat kulit wajah dan tubuh yang kering

Kulit kering biasanya diakibatkan karena banyak faktor diantaranya adalah berada didalam ruangan ber AC dan suhu sangat panas, dan juga faktor cuaca juga yang bisa banyak mempengaruhinya, biasanya hal ini terjadi pada wanita, nah jika sudah mengalami hal semcam ini maka akan membuat anda tidak percaya diri.

Gambar Cara Mengatasi Kulit Kering

cara mengatasi kulit yang kering secara alami adalah salah satu solusi terbaik untuk masalah tersebut, berikut ini adalah bberapa tips untuk mengatasi kulit yang kering yang saya ambil dari beberapa sumber kesehatan kulit.

Cara mejaga kelembaban kulit :
1. Oleskan krim tangan yang mengandung minyak almond sebelum tidur dan sebelum beraktivitas.
2. Gosok siku tangan dengan lembut pada saat mandi
3. Gunakan scrub menggosoknya untuk mengangkat sel kulit mati.
4. Untuk menghindari sinar ultraviolet dan radikal bebas maka selalu gunakan body lotion dengan kandungan SPF tinggi sebelum berkativitas dibawah sinar matahari.

mengatasi kaki pecah-pecah :

1. Gosoklah tumit atau bagian kaki yang pecah-pecah dengan menggunakan jeruk nipis atau batu apung.
2. Setelah dibersihkan maka bubuhkan scrub yang berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati yang menempel di kulit sampai terlihat bersih.
3. Pijat daerah kaki secara perlahan sebelum tidur dengan body butter agar memberikan kembali kelembapan kulit dan melancarkan peredaran darah di sekitar kaki.

Pilihlah pembersih yang lembut (gentle cleanser). Saat mandi, terang Cambio, cobalah menggunakan sabun yang lembut. Ada baiknya juga menggunakan sabun yang bebas pewangi, deodoran atau zat tambahan antibakteri yang keras terhadap kulit.

Selain itu, pakar kulit Carolyn Jacob, MD, dari Chicago juga menganjurkan Anda untuk menggunakan pembersih yang mengandung ceramide. Ceramide merupakan molekul lemak yang menyusun lapisan luar kulit dan membantu menjaga kelembaban kulit.

Bercukur dengan benar. Bercukur bisa mengiritasi kulit. Selain itu, Anda juga mengikis lapisan minyak pelindung alami kulit saat bercukur. Karena itu, pastikan menggunakan silet yang tajam untuk menghindari gangguan kulit.

Waktu terbaik untuk bercukur, menurut American Academy of Dermatology (AAD), adalah setelah mandi. Setelah mandi rambut menjadi lebih lembut dan lentur. Selain itu, pori-pori Anda juga terbuka, sehingga mempermudah proses bercukur.
Untuk melindungi kulit, pastikan selalu menggunakan krim atau gel, dan bercukurlah dengan arah yang sesuai dengan arah tumbuh rambut. Jangan lupa juga sering-sering mengganti silet.

Berpakaian tepat sesuai musim. Menurut AAD, seperti dikutip situs webmd, sinar matahari merupakan penyebab utama kulit kering. Dan Anda bisa mencegah kerusakan dengan menggunakan tabir surya SPF 15 sepanjang tahun dan mengenakan pakaian yang tepat.

Saat cuaca dingin, pastikan mengenakan kain yang mencegah panas dan keringat berlebih. Kedua hal ini, terang Combo, bisa mengiritasi kulit. Selain itu, pastikan mengenakan pelembab bibir SPF 15 untuk mencegah bibir kering dan pecah-pecah.

Sedang saat cuaca panas, gunakan kemeja longgar lengan panjang untuk melindungi kulit dari paparan matahari. Di samping itu, pakailah topi lebar untuk melindungi leher, telinga dan mata.

Gunakan pelembab dengan tepat. Cara tercepat meringankan kulit kering adalah dengan mengenakan pelembab. Produk paling sederhana sekali pun bisa membantu.”Vaselin merupakan pilihan pelembab yang baik,” tutur dermatolog Sonia Badreshia-Bansal, MD. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan minyak mineral, krim atau lotion favorit Anda.

Terlepas dari jenis pelembab yang Anda gunakan, para pakar menekankan pentingnya teknik menggunakan pelembab. Berikut teknik yang dinyatakan efektif oleh para dermatolog:

Bersihkan wajah dengan pembersih cair nonsabun, akan lebih baik lagi jika menggunakan produk yang mengandung ceramide untuk menyegarkan permukaan kulit.

Keringkakn kulit selama kurang dari 20 menit.

Oleskan pelembab tebal untuk menutupi cairan yang masih tersisa di permukaan kulit.

Jangan lupa mengoleskan pelembab ke tangan setiap kali Anda mencucinya. Hal ini untuk mencegah penarikan lebih banyak cairan dari kulit yang kering untuk menggantikan air yang menguap.

ada banyak sekali cara dan tips trik mengatasi kulit kering tapi itu adalah beberapa diantaranya paling banyak digunakan oleh banyak orang dan terbukti khasiatnya.